Rabu, 05 Mei 2010

TINDAK LANJUT SURVEY PENGADUAN MASYARAKAT THN 2009 PUSKESMAS MONGOLATO

DINAS KESEHATAN KABUPATEN GORONTALO
PUSKESMAS MONGOLATO

Limboto , Agustus 2009

REKOMENDASI PERBAIKAN PELAYANAN
(TINDAK LANJUT PENGADUAN MASYARAKAT)

Kepada Yth.,
Bapak Bupati Gorontalo
di .-
Gorontalo


Dengan Hormat,

Selama pelaksanaan Survei Pengaduan Masyarakat terhadap kinerja pelayanan Puskemas Mongolato pada tanggal 14 juli – 21 juli 2009, sejumlah 1.035 anggota masyarakat telah berpartisipasi mengisi dan mengembalikan kuesioner dari sejumlah 1.050 kuesioner yang disebarkan (terlampir: TABEL REKAPITULASI PENGADUAN MASYARAKAT).

Kami (Kepala Puskemas Mongolato dan seluruh Staf) telah membahas dan menentukan upaya-upaya perbaikan untuk menanggapi pengaduan masyarakat tersebut. Kami telah membuat ”Janji Perbaikan Pelayanan”, dan telah mengumumkannya kepada masyarakat (terlampir).

Dalam proses analisis sebab-sebab dan alternatif penyelesaian masalah pengaduan yang telah dilaksanakan pada tanggal; 31 juli 2009 samapai dengan tanggal 1 Agustus 2009, kami juga mengidentifikasi beberapa sebab yang tindakan-tindakan perbaikannya berada di luar kewenangan dan kemampuan kami di Puskesmas Mongolato. Untuk itu kami memerlukan dukungan dan keputusan dari Bapak Bupati Gorontalo.

Dengan hormat kami menyampaikan beberapa sebab yang berada di luar kewenangan dan kemampuan kami tersebut sebagai berikut:

1. Sejumlah 797 responden mengadukan tentang ‘Tidak adanya fasilitas air minum di ruang tunggu”, Hal ini disebabkan antara lain:]

1.1. Dispenser kurang.
1.2. Penempatan fasilits air minum yang kurang tepat.
1.3. Biaya untuk pengisian gelon air si ulang tidak ada.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

1.3.1. Dinas Kesehatan perlu menganggarkan anggaran untuk air isi ulang gelon dan pengadaan aqua gelas.

2. Sejumlah 780 responden mengadukan tentang “Tidak ada dokter specialis”, Hal ini disebabkan antara lain:

2.1. Dokter spesialis di Gorontalo terbatas.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :
2.1.1. Pemerintah daerah perlu melakukan Penambahan dokter specialis di Gorontalo
2.1.2. Pemerintah daerah memberikan beasiswa kepada dokter yang ingin melanjutkan pendidikan dokter spesialis.

3. Sejumlah 765 responden mengadukan tentang“Tidak ada petugas keamanan di lingkungan Puskesmas”, Hal ini disebabkan antara lain:

3.1. Tidak ada anggaran untuk membayar petugas keamann.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

3.1.1. Pemerintah Daerah perlu menganggarkan untuk membiayai petugas keamanan.
3.1.2. Pemerintah Daerah mengangkat petugas keamanan.

4. Sejumlah 366 responden mengadukan tentang “Tenaga perawat kurang ”, Hal ini disebabkan antara lain:

4.1. Pengangkatan tenaga perawat terbatas.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

4.1.1. Pemerintah Daerah menambah formasi pada Pengangkatan tenaga perawat .
4.1.2. Pemerintah Daerah memberikan beasiswa kepada tenaga magang untuk mengikuti pendidikan perawat.

5. Sejumlah 258 responden mengadukan tentang “Belum ada fasilitas USG”, Hal ini disebabkan antara lain:

5.1. Tidak ada pengadaan alat USG.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

5.1.1. Pengadaan anggaran alat USG dan pelatihan operator alat USG.

6. Sejumlah 248 responden mengadukan tentang “Lampu di Puskesmas sering padam”, Hal ini disebabkan antara lain:

6.1. Jadwal pemadaman listrik bergilir.
6.2. Tidak ada dana operasional untuk pengadaan BBM untuk genset di Puskesmas.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

6.1.1. Pemerintah daerah perlu melakukan koordinasi dengan PLN tentang pemadaman lampu.
6.2.1. Dinas Kesehatan perlu menganggarkan BBM untuk Puskesmas yang memiliki genset.

7. Sejumlah 214 responden mengadukan tentang “Tenaga Bidan Kurang”, Hal ini disebabkan antara lain:

7.1. Pengangkatan tenaga Bidan terbatas.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

7.1.1. Pemeritah Daerah perlu menambah formasi untuk pengangkatan tenaga Bidan.
7.1.2. Pemerintah Daerah perlu meningkatkan tunjangan untuk bidan.

8. Sejumlah 206 responden mengadukan tentang “Sarana Ruang inap tidak memadai”, Hal ini disebabkan antara lain:

8.1. Ruangan rawat inap terbatas.
8.2. Ruangan rawat inap rusak.
8.3. Jumlah tempat tidur kurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

8.1.1. Pemerintah daerah menganggarkan Penambahan ruangan Rawat Inap.
8.2.1. Menganggarkan Rehab ruangan rawat inap yang rusak.
8.3.1 Pemerintah daerah menganggarkan pengadaan tempat tidur pasien rawat inap.

9. Sejumlah 165 responden mengadukan tentang ‘Petugas waktu sore kurang”, Hal ini disebabkan antara lain:

9.1. Kurangnya tenaga perawat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

9.1. Pemerintah Daerah menambah formasi untuk Pengangkatan tenaga kesehatan.

10. Sejumlah 134 responden mengadukan tentang “Stok tabung oksigen dan isinya masih kurang”, Hal ini disebabkan antara lain:

10.1. Tidak ada anggaran untuk pengisian tabung oksigen.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

10.1.1. Pemerintah Daerah perlu memperhatikan usulan dari Puskesmas untuk mempercepat pencairan dana Jamkesmas.

11. Sejumlah 121 responden mengadukan tentang “Dokter sering tidak di tempat”, Hal ini disebabkan antara lain:

11.1. Kurangnya tenaga dokter di Puskesmas.
11.2. Kurangnya insentif untuk dokter.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

11.1.1. Untuk pengangkatan CPNS Pemerintah daerah perlu menambah formasi dokter.
11.1.2. Pemerintah daerah perlu mengadakan penambahan dokter kontrak (PTT).
11.2.1. Pemerintah daerah perlu memperhatikan penambahan insentif untuk dokter.

12. Sejumlah 121 responden mengadukan tentang “petugas sering acuh tak acuh terhadap pasien yg membutuhkan pelayanan cepat”, Hal ini disebabkan antara lain:

12.1. Petugas Puskesmas kurang disiplin dan kurang memahami tugas pokok dan fungsi.
12.3.Kurangnya kesejahteraan petugas Puskesmas(Insentif Petugas Puskesmas rawat inap).

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

12.1.1. Pemerintah Daerah perlu menganggarkan untuk pendidikan dan pelatihan kepada petugas tentang pelayanan publik.
12.1.2. Pemerintah Daerah perlu menganggarkan untuk kegiatan study banding untuk petugas Puskesmas.
12.2.1. Pemerintah Daerah Menganggarkan anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya petugas pada Puskesmas Rawat Inap.

13. Sejumlah 104 responden mengadukan tentang “Lingkungan Puskesmas sering kotor”, Hal ini disebabkan antara lain:

13.1. Tenaga cleaningservis kurang.
13.2. Honor cleaningservis kurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

13.1.1. Pengadaan tenaga Cleaning Servis di Puskesmas.
13.2.1. pengadaan honor Cleaning Servis yang memadai.

14. Sejumlah 64 responden mengadukan tentang “Pasien Rawat Inap tidak mendapat ransum / makanan”, Hal ini disebabkan antara lain:

14.1. Tidak ada anggaran untuk ransum pasien umum rawat inap.
14.2. Tidak ada biaya untuk juru masak.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan antara lain sebagai berikut :

14.1.1. Pemerintah Daerah perlu memnganggarkan biaya untuk ransum pasien umum di rawat inap.
14.2.1. Pemerintah Daerah perlu menganggarkan biaya honor juru masak dan biaya pembelian bahan makanan.

Mohon kebijakan dan keputusan Bapak Bupati Gorontalo untuk masalah-masalah tersebut di atas. Kami sangat senang bila mendapat kesempatan untuk membantu Bapak Bupati Gorontalo membahas berbagai kemungkinan penyelesaian masalah atas pengaduan masyarakat tersebut.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian Bapak dalam mendukung upaya perbaikan pelayanan yang sedang dan akan kami lakukan, kami sampaikan terima kasih.


Kepala Puskesmas Mongolato

Dr. Hj. ERNA LASABUDA
NIP : 195504161987102 001


Tembusan kepada Yth.:

1. Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo;
2. Ketua Asosiasi BPD Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo;
3. Harian Surat Kabar Gorontalo Post ;
4. Papan Informasi di Puskesmas Mongolato (untuk diketahui oleh masyarakat),
5. Arsip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar